-->

Ayo, Uji Kebolehan dan Keberuntungan Anda di Kontes Desain Logo!




Ayo, Uji Kebolehan dan Keberuntungan Anda di Kontes Desain Logo!Kedudukan logo saat ini tidak lagi hanya dipandang sebagai produk grafis biasa, melainkan sebuah identitas filosofis dan elemen brandingyang sangat penting bagi kemajuan sebuah bisnis.

Pentingnya peranan logo membuat para pengusaha tidak segan-segan mengeluarkan kocek untuk mencari desain logo terbaik bagi bisnisnya, salah satunya dengan meng-outsource-nya secara global di pasar desain online. Hal inilah yang memicu tumbuhnya penyelenggaraan kontes desain logo.

Dalam pelaksanaannya, order logo dari pengusaha selaku pencari jasa desain atau contest holder (CH) akan dikerjakan secara crowdsourching, atau dilelang kepada para desainer.

Desain terbaik yang paling memenuhi persyaratanlah yang akan memenangkan kontes dan mendapatkan imbalan sesuai yang telah disepakati.

3 Situs Terbaik Penyelenggara Kontes Desain Logo

99designs

99designs merupakan situs penyelenggara kontes logo yang paling populer dan merupakan pemain terbesar di dunia.

Hadiah yang ditawarkan cukup besar berkisar antara $200-$3,000 dengan sistem pembayaran melalui akun Paypal, Payoneer, Skrill, atau Western Union.

Aturan kompetisi di 99designs terbagi atas empat tahap yaitu:
1.   Qualifying round
Tahapan kualifikasi ini berlangsung selama enam hari dan semua member boleh berpartisipasi (kecuali untuk kontes platinum).
2.   Select finalist
Pada tahapan pemilihan ini, CH diberi waktu tiga hari untuk memilih finalis. Jika Anda terpilih, Anda dipersilakan untuk melakukan revisi sesuai perintah CH.
3.   Select winner         
Masa pengambilan keputusan untuk pemilihan pemenang ini berlangsung selama 14 hari.
4.   Handover
     Pada tahapan serah terima ini Anda akan menandatangani berkas pernyataan/perjanjian dengan pihak CH.
­
Crowdspring

Banyak yang mengatakan bahwa sistem Crowdspring adalah copycatatau hampir sama dengan 99design.

Di atas kertas, Crowdspring menawarkan paket harga yang paling murah ke contest holder dibandingkan 99designs dan Designcrowd. Namun demikian pada beberapa kategori, persentase komisi yang diberikan ke desainer oleh Crowdspring lebih besar daripada 99designs.

Jadi pintar-pintar desainer saja dalam mencari mana kontes yang paling menjanjikan keuntungan.

Designcrowd

Tidak jauh berbeda dengan 99designs dan Crowdspring, Designcrowd juga menyelenggarakan kontes dengan sistem crowdsourching. Namun jika diurutkan, di antara dua penyelenggara sebelumnya, Designcrowd berada di tengah-tengah dalam hal pemberian harga ke CH, komisi ke desainer, dan ketatnya aturan yang diberikan.

Ayo, Uji Kebolehan dan Keberuntungan Anda di Kontes Desain Logo!
6 Cara Memenangkan Kontes Desain Logo

Pilih kategori kontes yang paling sesuai dengan gaya dan kemampuan Anda

Jika Anda memiliki kemampuan yang mumpuni, tidak ada salahnya untuk memilih kategori kontes dengan materi yang berat dan hadiah yang besar, dengan tentunya ekspektasi yang besar pula dari CH.

Namun jika kemampuan Anda ada di level standar, sebaiknya pilihlah kategori yang memberikan peluang bagi Anda untuk bisa berkarya secara optimal. Dengan demikian Anda tidak perlu membuang waktu untuk bersaing dengan desainer yang terbukti lebih andal.

Pelajari materi proyek dan kerjakan dengan sebaik-baiknya

Cara terbaik untuk memenangkan kompetisi adalah dengan mencurahkan semaksimal mungkin kemampuan yang Anda miliki. Pelajari dan pahamilah keinginan klien dari uraian keterangan yang diberikan dan kerjakanlah dengan sebaik-bainya. Ingat, keberhasilan Anda dalam memenangkan kompetisi ini bisa mendukung portofolio yang baik bagi karier desain grafis Anda.
 
Lakukan komuniksi yang baik untuk membangun image dan kepercayaan klien

Dalam setiap proyek, usahakan untuk menjelaskan konsep desain Anda secara jelas dengan alasan-alasan yang relevan, seperti  latar belakang pemilihan konsep, dasar pemilihan warna, serta elemen-elemen detail lainnya.

Ini merupakan langkah awal yang baik untuk membuka komunikasi dan membangun kepercayaan klien terhadap Anda.

Balas komentar dengan cepat dan baik, perbaharui segera entri desain Anda setelah mendapatkan masukan dari klien dengan juga menyertakan alasan dan penjelasan atas perubahan yang dilakukan tersebut.

Hal ini mampu mencuri perhatian CH dan mengurangi fokus pada desain orang lain. Dengan porsi perhatian yang lebih tinggi, Anda pun berkesempatan untuk mendapatkan poin lebih tinggi atau bahkan memenangkan kompetisi tersebut.

Ukur kemampuan dan cari celah untuk mendapatkan kesempatan menang

Jika kemampuan Anda sedang-sedang saja, Anda bisa mencari kesempatan menang dengan cara non mainstream, yaitu dengan mengikuti kontes-kontes yang tingkat persaingannya tidak terlalu ketat.

Umumnya banyak desainer akan memilih kontes bergaransi, yang mana biaya kontes/hadiah yang dibayar CH tidak dapat ditarik kembali, dan jika tidak ada desain yang cocok atau tidak ada pemenang yang dipilih, maka hadiah akan dibagi rata ke seluruh peserta desain. Nah, kalau Anda mengincar kemenangan, sebaiknya hindari kontes dengan label seperti ini.

Selain garansi, rating bintang juga memengaruhi jumlah tingkat persaingan. Jangan abaikan kontes yang memiliki sedikit rating bintang, barangkali keberuntungan Anda ada di sana.
Ayo, Uji Kebolehan dan Keberuntungan Anda di Kontes Desain Logo!

Tinjau kualitas dan kuantitas kompetisi

Perhatikan perkembangan kontes yang sedang berjalan. Berusahalah untuk memahami posisi Anda dari rating bintang dan umpan balik yang diberikan CH. Tentukan apakah Anda harus maju dan membuat konsep baru, atau sebaiknya Anda berhenti karena sudah ada peserta lain yang sudah sangat mendominasi.  

Kalau Anda tipikal risk taker, tidak ada salahnya untuk mencoba sistem SKS, atau sistem kebut semalam, yaitu dengan men-submit desain ketika kualifikasi akan berakhir dengan tujuan mempelajari dulu keinginan CH dari masukan-masukan yang diberikan ke peserta kontes lainnya.

Tidak perlu merasa bersalah, ini adalah bagian dari strategi mencapai kemenangan, jadi sah-sah saja kan. J

Lakukan Kolaborasi

Tidak ada salahnya untuk mengajak teman untuk menjadi tim desain. Dengan berkolaborasi lebih dari satu kepala, mungkin akan bermunculan ide-ide cemerlang yang dapat memperkaya kualitas desain Anda. Dengan begitu kesempatan menang pun semakin besar. Masalah pembagian hasil nanti bisa kalian sepakati bersama.

Jangan terlalu diambil hati jika Anda masih belum mendapatkan kesempatan untuk menang. Kontes logo bisa Anda jadikan ajang untuk belajar. Berusahalah untuk mengerjakan yang terbaik semampu Anda agar Anda juga bisa mendapatkan poin. Semakin banyak poin yang dikumpulkan, maka level Anda akan semakin tinggi dan Anda berkesempatan untuk mendapatkan proyek atau dikontrak oleh CH yang tertarik dengan kemampuan desain Anda.

0 Response to "Ayo, Uji Kebolehan dan Keberuntungan Anda di Kontes Desain Logo!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel