Ingin Tahu Bagaimana Caranya Meraup Dolar dari Hobi Mendesain Gambar atau Fotografi? Yuk, Join Shutterstock Aja!


Apa Itu Shutterstock?

Meraup Dolar dari Hobi Mendesain Gambar atau FotografiShutterstock adalah agensi mikrostock yang melayani transaksi penjualan foto/vektor/video secara global dengan sistem royalti free(RF) atau hak cipta perdeo. Dengan sistem ini, pembeli hanya perlu membayar satu kali dan kemudian dapat menggunakannya secara bebas, namun hak cipta tetap menjadi milik ilustrator/fotografer.

Berkantor pusat di NewYork, Amerika Serikat, Shutterstock menyediakan jutaan foto/vektor/video  yang merupakan produk orisinal dari ribuan kontributor di seluruh dunia.

Lalu siapa yang bisa menjadi kontributor? Siapa pun bisa menjadi kontributor di Shutterstock—terlepas dari apakah dia seorang fotografer, ilustrator profesional, atau orang biasa—selama mereka bisa membuat foto, gambar, atau karya-karya orisinal yang berkualitas, fokus, serta memiliki nilai artistik dan estetika.

Peluang Bisnis di Shutterstock

Ada peluang pasar yang luas yang tidak Anda sadari                                                 

Mungkin terbersit di pikiran “Bukankah mudah sekali mencari gambar apa pun di internet, lalu siapa yang mau membeli gambar yang kita buat?”

Sebenarnya target bisnis microstock adalah negara-negara maju seperti Eropa, Amerika, dan Asia Timur yang memiliki tingkat penghargaan yang tinggi terhadap hak cipta suatu karya.

Bagi mereka, lebih baik mengeluarkan sedikit uang untuk mendapatkan gambar/foto yang bagus dibandingkan harus menggunakan gambar orang lain tanpa izin, alias membajak. Karena selain tidak etis, hal mengenai penggunaan hak cipta diatur secara hukum di negara-negara tersebut.

Tanpa terikat waktu, Anda bisa menjadikan kerja kreatif sebagai sumber pendapatan pasif

Biaya download memang tidak besar, sekitar $0,3 atau sekitar 3000-4000 rupiah. Terdengar murah sekali ya? Tapi ingat itu hanya untuk 1 download. Jika Anda meng-upload 300 gambar dan setiap harinya ada 20 gambar yang di-download, artinya dalam sehari ada pendapatan sekitar $0,3x20 = $6/hari, dan artinya dalam satu bulan Anda bisa mendapatkan uang sebesar $180.

Pendapatan itu baru dari kegiatan download. Jika gambarnya dibeli, Anda bahkan bisa memperoleh hingga $5 per gambar. Dan selama Anda masih tergabung di Shutterstock, peluang gambar Anda untuk di-download pun masih terus terbuka. Artinya ada pendapatan pasif yang diperoleh walaupun Anda tidak melakukan usaha tambahan.

Semakin banyak gambar/foto yang di-upload, semakin besar kesempatan untuk menambah pundi-pundi

Setiap gambar yang di-upload di Shutterstock akan dijual bebas, tidak hanya sekali, tapi berkali-kali. Semakin banyak gambar yang dibeli atau di-download, maka semakin besar juga pendapatan yang akan diperoleh.

Jika ingin mendapatkan peluang pendapatan yang besar melalui Shutterstock, Anda harus meng-upload gambar sebanyak mungkin. Nah, untuk mengejar target kuantitas, bisa saja Anda mengajak beberapa teman untuk memproduksi gambar/foto secara bersama-sama, hasilnya nanti tinggal disepakati saja.

Belum banyak ilustrator/fotografer yang serius menjalankanya sebagai mesin uang

Sejauh ini di Indonesia pelaku bisnis “jual gambar” di mikrostock masih sangat sedikit. Belum terlalu banyak orang yang paham seberapa serius bisnis ini bisa menghasilkan uang.

Berdasarkan informasi, di Indonesia tercatat baru ada sekitar 30an orang yang terdaftar di Shutterstock. Jadi peluang Anda untuk bersaing secara lokal masih sangat besar bukan?

Kelebihan Shutterstock dibandingkan Agensi Mikrostock Lainnya

Pelopor bisnis mikrostock

Shutterstock adalah pelopor model situs berlangganan mikrostock yang mendominasi pasar gambar/foto di dunia maya, dengan tingkat penjualan tertinggi di dunia. Pada Februari 2012 saja jumlah unduhannya mencapai angka 200 juta.  

Terfavorit dengan jangkauan terluas

Sebagai salah satu mikrostock terfavorit, Shutterstock memiliki jumlah kontributor hingga 35.000 orang di seluruh dunia. Selain itu jangkauan marketplace Shutterstock sangat luas dan bisa dilacak melalui 10 bahasa, termasuk Inggris, Jerman, Perancis, Belanda, Rusia, Italia, Jepang, dan Tiongkok.  

Harga royalti tertinggi

Harga royalti dan fee download yang diberikan Shutterstock paling tinggi dibandingkan mikrostock lainnya.

Performa terbaik

Performa layanan Shutterstock sangat luar biasa. Dalam hitungan detik, ada lebih dari 19 juta image yang mampu dicari di situs mikrostock ini.

Memiliki sistem penjualan yang unggul

Setelah mengakuisisi Bigstock, Shutterstock memiliki keunggulan tambahan dengan memberlakukan sistem pembelian mikrostock secara kredit atau angsuran. Hal ini memberikan banyak kemudahan bagi para pelanggan sehingga jumlah pembelian pun ikut meningkat.

Langkah-Langkah untuk Mendaftar Sebagai Kontributor di Shutterstock

Bagi kamu yang ingin segera mendapatkan dolar dengan menerbitkan hasil karya gambar/foto/video, segera saja mendaftar menjadi kontributor di Shutterstock dengan mengikuti-langkah-langkah berikut ini.

1.     Kunjungi situs Shutterstock ini untuk melakukan pendaftaran 

2.     Mulailah melakukan pendaftaran (sign up) dan mengisi data-data yang disediakan.

3.     Setelah seluruh data diisi lengkap, klik tombol “create account” dan Anda akan mendapatkan email verifikasi.

4.     Cek email Anda, dan lakukan proses verifikasi seperti yang diperintahkan.

5.     Jika sudah terverifikasi, langkah selanjutnya adalah meng-upload paspor di kolom “Your ID” dengan cara memindai (scan) terlebih dahulu bagian data paspor yang diminta.

6.     Selanjutnya, upload 10 karya desain/foto terbaik Anda, dengan terlebih dahulu melihat persyaratan materi desain/foto yang harus dipenuhi (kualitas gambar, format file, serta resolusi).

7.     Anda akan diminta mengirim data dalam bentuk EPS.10 dan menyertakan juga file Jpeg-nya. Untuk itu gunakan nama file yang sama di kedua format tersebut, serta masukkan keyword yang relevan untuk setiap kategorinya.

8.     Setelah seluruh proses dilakukan, tim Shutterstock akan melakukan verifikasi ID dan me-review portofolio yang Anda upload selama kurang lebih 3-7 hari.

Perlahan tapi pasti, Indonesia juga akan mulai menghargai hak cipta atas karya anak bangsanya  dan akan mulai bermain di pasar mikrostock. Saat hal tersebut terjadi Anda sudah maju lebih dulu sebagai kontributor yang andal.

Mulailah mengumpulkan dan membuat karya-karya yang berkualitas. Rasakan kebanggan saat mengetahui bahwa karya Anda dihargai dan bahkan bisa menambah jumlah isi rekening tabungan Anda.


0 Response to "Ingin Tahu Bagaimana Caranya Meraup Dolar dari Hobi Mendesain Gambar atau Fotografi? Yuk, Join Shutterstock Aja!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel