-->

Bingung Mau Bikin Desain Logo? Simak Aja 8 Tutorial Desain Logo Terbaik Berikut InI





8 Tutorial Desain Logo Terbaik Saat membicarakan tentang sebuah merek terkenal, biasanya kita akan langsung terasosiasi dengan logo yang mewakili merek tersebut. Logo merupakan representasi visual yang menggambarkan filosofi dan misi sebuah produk atau perusahaan. Sebuah logo harus pantas dilihat, memiliki nilai estetika, dan tentunya merefleksikan kredibilitas perusahaan atau produk yang diwakili.


Sebagai sebuah identitas, logo yang tidak dibuat secara tepat bisa menggagalkan penyampaian pesan dan membuyarkan fungsinya sebagai agen penjualan. Seorang desainer harus berhati-hati dalam menciptakan sebuah logo. Untuk itu pelajari dan carilah inspirasi desain logo dari berbagai sumber dan pelajarilah tutorialnya.

8 Tutorial Desain Logo Terbaik      

Panduan lengkap proses desain logo – step by step by Dache


Dalam tutorial ini, Anda akan dipandu oleh David Pache—seorang desainer logo dari Switzerland—untuk membuat desain logo menggunakan inisial nama produk atau perusahaan.

Tutorial ini tidak hanya menjelaskan tentang tahapan menggambar logo serta transformasinya dalam bentuk digital, tapi juga mengajak Anda menjelajahi proses brainstormingdan dasar-dasar pemikiran yang melatarbelakangi pemilihan tema desain, elemen-elemen pelengkap, pemilihan warna sesuai karakter bisnis, serta bagaimana akhirnya desain tersebut diputuskan secara final.
8 Tutorial Desain Logo Terbaik

Tutorial membuat desain logo dengan tampilan berkilau dan memiliki efek cermin


Melalui tutorial ini Anda akan diajak mempelajari bagaimana caranya membuat desain logo dengan konsep tampilan yang glossy serta memiliki efek cermin. Proses pengerjaan logo ini dilakukan dengan menggunakan aplikasi Photoshop dengan mengambil contoh desain logo Windows Vista.

Dengan memanfaatkan tools atau perangkat gambar seperti gradient, pen tool, bevel, embos, dan sebagainya, Anda akan diajak bermain dengan refleksi warna sehingga mendapatkan hasil gambar seperti dicetak di atas kertas yang mengilap.

Tutorial desain logo berkonsep “Ramah Lingkungan” dengan menggunakan vektor text effect


Memburuknya kondisi alam dan lingkungan meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap konservasi alam dan membuat mereka melakukan berbagai kampanye “ramah lingkungan” di berbagai sendi kehidupan. Isu ini ditangkap sebagai peluang dan dimanfaatkan oleh para desainer logo untuk menjual berbagai desain yang mengusung konsep “hijau”.

Tutorial ini memandu Anda untuk membuat desain logo berkonsep natural menggunakan vector text effect, yaitu dengan memunculkan elemen-elemen dekorasi yang dapat merepresentasikan alam dan lingkungan.

Langkah-langkah yang disajikan di link ini sangat detail, sehingga selain bisa membuka wawasan tentang “konsep hijau” dalam pembuatan logo, juga bisa semakin mematangkan kecakapan Anda dalam teknik vector text effect.

Tutorial desain logo dengan menggunakan efek tulisan papercraft


Tutorial ini terinspirasi dari desain logo karya Mario Hugo yang mengusung konsep headlinesederhana. Desain ini bermain dengan fontatau karakter huruf yang diberi sentuhan efek papercraft sehingga membuatnya begitu memesona.

Secara teknis pengerjaan logo dilakukan menggunakan aplikasi Photoshop. Namun jangan khawatir, karena proses pengerjaan desain ini cukup sederhana dan panduannya pun dibuat sangat detail tahap demi tahap. Sekali pun kemampuan Photoshop Anda minim, Anda akan bisa mengerjakan desain ini sampai selesai.

8 Tutorial Desain Logo Terbaik
Tutorial desain untuk membuat logo kreatif


Tutorial ini dipandu oleh seorang illustrator dan desainer logo bernama Gary Simon. Anda akan diajarkan untuk membuat desain logo kreatif mulai dari awal sampai akhir menggunakan aplikasi Adobe Photoshop.

Dalam tutorial tersebut Anda juga akan mendapatkan pengantar tentang konsep dasar penentuan desain dan membangun ide dari hal-hal spesifik yang berkaitan dengan produk yang akan dibuatkan logo.

Langkah-langkah pengerjaan dibuat sangat jelas dan sistematis, mulai dari settingdokumen, pemilihan dan modifikasi karakter huruf, penambahan elemen-elemen dekorasi, penambahan  gambar yang tepat, hingga finalisasi.  

Tutorial desain logo menggunakan warped grids untuk membuat efek pelangi


Dalam tutorial ini Anda akan dipandu oleh Fabian Saso, seorang desainer logo dari Brazil. Anda akan diajak untuk membuat logo menggunakan teknik-teknik sederhana yang bisa diaplikasikan di berbagai jenis desain, yaitu dengan teknik kisi atau gridyang dipadukan dengan lengkungan, efek warna, dan permainan cahaya.

Langkah-langkah pengerjaan di tutorial ini dibuat cukup singkat dan jelas dengan uji coba beberapa perspektif dan variasi untuk memperkaya imajinasi. Melalui tutorial ini, Anda tidak hanya mendapatkan pengetahuan tentang salah satu teknik mendesain logo, tapi juga melatih kemampuan bermain dengan toolsatau perangkat gambar di aplikasi illustrator. 

Tutorial Desain logo 3D yang berkilau dengan memanfaatkan intensitas cahaya


Tutorial ini akan mengajarkan Anda tentang bagaimana caranya membuat desain logo tiga dimensi yang memunculkan glow atau efek kilau melalui permainan intensitas cahaya. Umumnya teknik menggambar 3D dibuat menggunakan aplikasi illustrator, namun kali ini Anda juga dapat melakukannya dengan menggunakan huruf-huruf 3D yang ada di Photoshop.

Langkah-langkah pengerjaan logo dalam tutorial ini cukup lengkap dan detail, sehingga walaupun kemampuan Photoshop Anda standar-standar saja, Anda tidak akan menemukan banyak kesulitan dalam mengerjakan desain tersebut hingga selesai.

Tutorial desain logo dengan konsep retro


Dalam tutorial ini Anda akan diajarkan bagaimana caranya membuat desain logo bergaya retro dengan mengubah gambar dari tampilan yang biasa/standar. Walaupun langkah-langkah pengerjaannya cukup sederhana, namun Anda tetap harus memiliki pengetahuan tentang pengoperasian Photoshop. Dalam prosesnya, Anda hanya akan bermain di ranah warna dan tekstur, yaitu dengan membuat gambar agar memiliki efek kusam seperti termakan zaman, sehingga hasilnya akan terlihat retro.  

Itu tadi beberapa tutorial desain logo yang dapat Anda pelajari. Semoga bisa semakin membuka wawasan dan membantu Anda mengembangkan imajinasi dalam menciptakan desain logo Anda sendiri. Selamat mencoba.






0 Response to "Bingung Mau Bikin Desain Logo? Simak Aja 8 Tutorial Desain Logo Terbaik Berikut InI"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel